Analisis Model Antrian Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Pengisian Premium Pada Roda Dua Di SPBU Desa Sumur Kecamatan Ketapang Lampung Selatan
Di SPBU Nusa Citra Sarana Lampung Selatan
Abstrak
ANALISIS MODEL ANTRIAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PELAYANAN PENGISIAN
PREMIUM
PADA RODA DUA DI SPBU DESA SUMUR
KECAMATAN KETAPANG
LAMPUNG SELATAN
Oleh
I Putu Arya Yudha Juliananda
Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik
Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui model antrian pada pelayanan pengisian premium di
SPBU Nusa Citra Sarana Kec.Ketapang Lampung Selatan. Berdasarkan dari pengumpulan,
pengelolahan, dan analisa data, maka didapatkan kesimpulan diantaranya sebagai berikut untuk
mengetahui model antrian menggunakan metode One Sample Kolmogorov Smirnov yang diolah
menggunakan sofware SPSS. Langlah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data adalah
Pemeriksaan kondisi steady state, uji distribusi dan Menentukan ukuran keefektifan dalam sistem
antrian. Analisis data kedatangan pengunjung pada unit pelayanan diolah dengan frekuensi interval
waktu 5 menit untuk mencari jumlah kedatangan orang persatuan waktu (λ). Data pelayanan
pengunjung dituangkan kedalam distribusi frekuensi guna mencari jumlah frekuensi pelayanan yaitu
jumlah rata-rata orang yang dilayani persatuan waktu (μ). Pada penelitian hari pertama jumlah
kendaraan sebanyak 179 kendaraan hasil rata-rata kendaraan dalam antrian sebanyak 7 kendaraan
dalam 7,83 menit dan rata-rata kendaraan yang diperkirakan menunggu dalam system sebanyak 7
kendaraan dengan waktu 9,03 menit. Penelitian hari kedua di jumlah kendaraan sebanyak 155
kendaraan hasil kendaraan dalam antrian sebanyak 6 kendaraan dalam 7,02 menit dan kendaraan
yang diperkirakan menunggu dalam system sebanyak 7 kendaraan dengan waktu 8,4 menit.
Penelitian hari ketiga dapatkan jumlah kendaraan sebanyak 147 kendaraan didapatkan hasil
kendaraan yang diperkirakan dalam antrian sebanyak 7 kendaraan dalam 7,83 menit dan kendaraan
yang diperkirakan menunggu dalam system sebanyak 7 kendaraan dengan waktu 9,03 menit. dari
hasil penelitian pada 3 hari berturut-turut diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau ρ − value
sebesar 0,46 yang lebih besar dari α = 0,05.
Kata Kunci : Analisis Model Antrian, Efektifitas Pelayanan, Kolmogorov Smirnov