ANALISA KEPUASAN PELAYANAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA POLDA LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL DAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISYS ( IPA )
Abstrak
Analisa Kepuasan Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Metode Fuzzy Servqual dan Metode Importance Performance Analisys ( IPA )
Rumah Sakit akan mampu menciptakan keunggulan bersaing apabila perusahaan menentukan strategi yang tepat. Dalam mencapai keunggulan bersaing harus memberikan pelayanan secara all out untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung. Metode yang dilakukan untuk pengujian validitas, reabilitas,fuzzyfikasi dan defuzzyfikasi. Hasil yang di dapat dari penelitian pada Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung yang memiliki nilai servqual rendah pada atribut waktu antri yang terlalu lama dengan nilai gap sebesar 0,1, sedangkan nilai servqual tertinggi terdapat pada atribut ruangan luas, bersih dan rapi dengan nilai gap sebesar 0,28. Atribut yang menjadi prioritas Rumah Sakit dalam melakukan perbaikan pada penelitian ini adalah berdasarkan tingkat kelemahan yang ada pada analisis gap 5 Servqual. Terdapat 4 atribut yang menjadi prioritas RS yaitu atribut 2 pada dimensi Bukti Fisik (Tangibles) dengan pertanyaan ”Bangunan Rumah Sakit indah dan bersih”, atribut 12 pada dimensi Jaminan (Asusurance) dengan pertanyaan “Obat yang diberikan mendapat jaminan tanpa rusak dan tepat waktu”, atribut 13 dimensi Perhatian (empaty)dengan pertanyaan “RS Bhayangkara Polda Lampung memberikan pelayanan tanpa memandang status sosial ”, atribut 14 dimensi Perhatian (empaty)dengan pertanyaan “Perawat mudah ditemui dan dihubungi ketika sedang membutuhkan”.
Kata kunci : Fuzzy, Kepuasan Layanan , Servqual, IPA