PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE STRATEGIC EXPERIENCE MODULES (Studi Kasus Pada Toko CV. Robbani Snack Pringsewu Lampung)
Abstrak
ABSTRAK
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE STRATEGIC EXPERIENCE MODULES
(Studi Kasus Pada Toko CV. Robbani Snack Pringsewu Lampung)
Oleh :
ISNAIDI
Dalam pemasaran produk, maka fokus terhadap konsumen dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman atau experience yang dirasakan dalam interaksi jual beli tersebut. Tujuan penelitian Untuk mengetahui apakah Experiential marketing berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan produk Klanting pada CV. Robbani Snack Pringsewu Lampung.
Strategic experience modules (SEMs) adalah strategi untuk menciptakan pengalaman yang akan dirasakan oleh pelanggan ketika menggunakan jasa atau produk melalui sense, feel, act, relate, dan think. Dengan metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Sederhana, uji t, uji F, dan Analisis Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dari ke 5 variabel menunjukan terdapat 4 variabel yang paling dominan berpengaruh positif pada volume penjualan dengan nilai besar pengaruhnya feel (X2) secara parsial sebesar 4,1 %, besarnya pengaruh think (X3) secara parsial sebesar 10,32 %,besarnya pengaruh act (X4) parsial sebesar 1,59 %, besarnya pengaruh relate (X5) secara parsial sebesar 5,7%. Nilai yang di dapat koefisien determinan 56,8% adalah persentase pengaruh variabel experiential marketing terhadap variabel volume penjualan. persentase tersebut dapat disimpulkan experiental marketing berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan.
Kata kunci : Analisis Koefisien Determinasi, Experiential marketing, produk klanting, Volume Penjualan dan Strategic experience modules (SEMs)