GAMBARAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI (KIPI) VAKSIN BOOSTER COVID-19 PADA GURU DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG

GAMBARAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI (KIPI) VAKSIN BOOSTER COVID-19 PADA GURU DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG

Penulis

  • Indriyani Agustin Fakultas Kedokteran umum

Abstrak

FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

 

Skripsi, 16 September 2022

INDRIYANI AGUSTIN

 

GAMBARAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI VAKSIN BOOSTER COVID-19 PADA GURU DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG

 

xiv + 63 Halaman + 7 Tabel + 3 Gambar + Lampiran

 

ABSTRAK

Latar Belakang: Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Tanda dan gejala umum infeksi Covid-19 antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Vaksinasi adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodI) system imun di dalam tubuh. Vaksinasi Covid-19 sangat penting bagi guru karena Tenaga pendidik adalah garda terdepan dalam Pendidikan, maka dari itu Tenaga Pendidik perlu disadarkan pentingnya vaksinasi agar dapat menjalani proses pembelajaran tatap muka.

Tujuan: Untuk mengetahui gambaran kejadian ikutan pasca imunisasi vaksin booster covid-19 pada guru di SMAN 9 Bandar Lampung.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan teknik purposive sampling alat ukur utama untuk mengumpulkan data yang diambil dari kuesioner yang disebarkan. Sampel pada penelitian ini adalah guru di SMAN 9 Bandar Lampung kriteria yaitu sebanyak 72 orang.

Hasil: Didapatkan responden penelitian berjumlah 72 guru (100%) telah divaksinasi, jenis kelamin terbanyak yaituperempuan berjumlah 41 responden (56,9%), kejadian ikutan pasca imunisasi yang terbanyak yaitu pada dosis 3 terdapat 35 responden mengalami gejala sakit kelemahan pada lengan yang disuntik, 31 responden mengalami gejala lengan bengkak pasca vaksin dan 25 responden mengalami nafsu makan berubah. Sedangkan pada jenis vaksin moderna terdapat 4 responden mengalami Sakit kelemahan pada lengan yang disuntik, Lengan bengkak pasca vaksin, Kelumpuhan otot lengan dan Demam lebih dari 39 c.

Kesimpulan: KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi )terbanyak muncul yaitu lengan bengkak pasca vaksin, tidak enak badan, sakit kelemahan pada lengan yang disuntik, gejala panas dingin dan nafsu makan berubah.

 

Kata Kunci : KIPI, Vaksin Booster, Covid-19, Guru

Kepustakaan : 20 (2011-2022)

Diterbitkan

2022-11-18