AKTIVITAS EKSTRAK DAUN, KULIT, DAN BIJI DUKU (Lansium domesticum Corr.) TERHADAP TELUR Aedes aegypti

Penulis

  • Hidayatul Rizky Universitas Malahayati

Abstrak

FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

Skripsi, September 2023

Hidayatul Rizky

“AKTIVITAS EKSTRAK DAUN, KULIT, DAN BIJI DUKU (Lansium domesticum Corr.) TERHADAP TELUR Aedes aegypti

xvi+ 76 halaman + 29 tabel + 14 gambar + lampiran

ABSTRAK

Latar Belakang : Pengendalian vektor utama Demam Berdarah Dengue (DBD), nyamuk Aedes aegypti, secara kimiawi menimbulkan risiko besar bagi kesehatan manusia, lingkungan, dan menimbulkan resistensi nyamuk. Sehingga dibutuhkan insektisida biologi, seperti tumbuhan duku (Lansium domesticum Corr.) yang memiliki senyawa dengan kemampuan menghambat bahkan merusak membran telur.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak daun, kulit, dan biji tumbuhan duku (Lansium domesticum Corr.) terhadap telur Aedes aegypti.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan true experiment atau eksperimen sebenarnya. Rancangan percobaannya menggunakan Rancang Acak Lengkap (RAL), di mana subjek dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.

Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun, kulit, dan biji duku (Lansium domesticum Corr.) memiliki aktivitas yang memengaruhi penetasan telur Aedes aegypti sebagai pemacu penetasan telur lebih cepat. Ekstrak daun, kulit, dan biji duku (Lansium domesticum Corr.) yang digunakan dalam penelitian ini mengandung senyawa seperti saponin, flavonoid, alkaloid, steroid, dan tanin. Diketahui konsentrasi 2.000 ppm ekstraksi daun dan kulit, serta konsentrasi 8.000 ppm ekstraksi biji memiliki daya tetas paling tinggi.

Kesimpulan : Ekstrak daun, kulit, dan biji duku (Lansium domesticum Corr.) memiliki aktivitas yang memacu penetasan telur Aedes aegypti lebih cepat.

Kata Kunci : Ekstrak, daun duku, kulit duku, biji duku, Lansium domesticum Corr, telur Aedes aegypti

Kepustakaan : 37 (2003-2023)

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-29

Arsip

Bagian

Skripsi