H HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN REMEDIAL BLOK KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2019
Kata Kunci:
kecemasan ujian, kepercayaan diriAbstrak
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Skripsi, Maret 2022
ROPIKO PINKA PRATAMI
HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGAHADAPI UJIAN REMEDIAL BLOK KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2019
xvi + 52 halaman + 12 Tabel + 3 Gambar + Lampiran
ABSTRAK
Latar Belakang : Salah satu stresor timbulnya kecemasan pada mahasiswa adalah saat menghadapi ujian. Mahasiswa yang cemas seringkali mengungkapan bahwa pada saat ujian remedial kemampuan mengingat mereka kurang, kecemasan dapat dipengaruhi oleh kepercayaan diri.
Tujuan : Penelitian ini ditujukan untuk hubungan kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian remedial Blok Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019.
Metodologi : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019 yang mengikuti ujian remedial blok Hematologi dan SSO.
Data diperoleh melalui mengisi kuesioner kecemasan ujian terdiri dari 10 aitem dan kuesioner kepercayaan diri terdiri dari 36 aitem. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yaitu korelasi Rank Spearman.
Hasil Penelitian : Dari hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki tingkat kecemasan ujian rendah yaitu sebanyak 79 orang dengan persentase (76,7%), dengan tingkat kepercayaan diri tinggi yaitu sebanyak 56 orang dengan persentase (54,4%) dan terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan dimana dari uji korelasi Rank Spearman didapatkan tingkat signifikansi (p-value) sebesar (0,000) dengan nilai korelasi rxy = -0,555
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian remedial Blok Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019.
Kata kunci : Kecemasan Ujian, Kepercayaan Diri
Kepustakaan : 64 (2002-2021)
MEDICAL SCHOOL
MALAHAYATI UNIVERSITY
Script, March 2022
ROPIKO PINKA PRATAMI
THE CORRELATION OF SELF CONFIDENCE WITH LEVEL OF ANXIETY IN REMEDIAL EXAM BLOCK OF FACULTY MEDICINE, MALAHAYATI UNIVERSITY IN 2019
xvi + 52 pages + 12 Tables + 3 Pictures + Attachment
ABSTRACT
Background : One of the stressors for the emergence of anxiety in students is when facing exams. Anxious students often reveal that when remedial exams are lacking in their ability to remember, anxiety can be influenced by self-confidence.
Objective: This study was aimed at the correlation between self-confidence and anxiety levels in facing the Medical Block Medical Block remedial exam at Malahayati University batch 2019.
Methodology: The type of research used is quantitative analytical method using a cross sectional design. The sample in this study were students of the Faculty of Medicine, Malahayati University batch 2019 who took the Hematology and SSO block remedial exams. The data was obtained by filling out an exam anxiety questionnaire consisting of 10 items and a self-confidence questionnaire consisting of 36 items. The data analysis technique to test the hypothesis is Spearman Rank correlation.
Research Results: From the results of the study showed that most of the respondents had a low level of exam anxiety as many as 79 people with a percentage (76.7%), with a high level of self-confidence as many as 56 people with a percentage (54.4%) and there was a significant relationship between self-confidence and anxiety level where the Spearman Rank correlation test obtained a significance level (p-value) of (0.000) with a correlation value of rxy = -0.555
Conclusion: There is a correlation between self-confidence and anxiety levels in remedial exam block of Faculty Medicine, Malahayati University in 2019
Keywords : Anxiety, Self Confidence
Literature : 64 (2002-2021)