A ANALISA KERUSAKAN PERKERASAN JALAN BERDASARKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS: RUAS JALAN RATU DIBALAU, KECAMATAN TANJUNG SENENG KOTA BANDAR LAMPUNG)

Penulis

  • IKHSAN SULISTYO TEKNIK SIPIL

Kata Kunci:

Kerusakan Jalan, Perkerasan, Pavement Condition Index, PCI, Penanganan

Abstrak

ANALISA KERUSAKAN PERKERASAN JALAN
BERDASARKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

(Studi Kasus: Ruas Jalan Ratu Dibalau, Kecamatan Tanjung Seneng,
Kota Bandar Lampung)

 

Ikhsan Sulistyo

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Malahayati

E-mail: sulistyikhsan@gmail.com

 

Abstrak

Ruas Jalan Ratu Dibalau, Kecamatan Tanjung Seneng, Kota Bandar Lampung  merupakan jalan yang menghubungkan Kota Bandar Lampung dengan Kabupaten Lampung Selatan. Lalu lintas perdagangan di jalan ini cukup padat. Jalan ini juga digunakan sebagai jalur alternatif antara Kota Bandar Lampung dan Kota Metro.

Jalan ini berulang kali dilalui oleh kendaraan bermuatan berat sehingga menyebabkan kerusakan jalan yang dapat menggangu keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis-jenis, dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut dan kemudian dilakukan usulan program penanganan. Penelitian dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah Metode PCI (pavement condition index). Pada ruas Jalan Ratu Dibalau, Kecamatan Tanjung Seneng, Kota Bandar Lampung didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, benjol dan turun, amblas, pinggiran jalan turun vertikal, retak memanjang/melintang, tambalan, pengausan agregat, lubang, sungkur, dan pelepasan butir dengan nilai PCI 30,0 yang masuk dalam kategori serious (sangat buruk). Maka jalan tersebut harus segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah.

 

Kata Kunci:

Kerusakan Jalan, Perkerasan, Pavement Condition Index (PCI), Penanganan

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-07

Arsip

Bagian

Artikel