the HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 PADA LANSIA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS HAJIMENA TAHUN 2022

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 PADA LANSIA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS HAJIMENA TAHUN 2022

Penulis

  • melaaldini melaaldini kesmas

Abstrak

PEMINATAN ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN
PROGRAM STUDI SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Skripsi, Agustus 2022
Mela Aldini
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 PADA LANSIA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS HAJIMENA TAHUN 2022
xiv + 141 Halaman + 3 Gambar + 23 Tabel + 15 Lampiran
ABSTRAK
Puskesmas Hajimena yang merupakan penyedia pelayanan vaksinasi covid-19 dengan cakupan rendah terjadi penurunan yang signifikan dari dosis 2 sejumlah (67,58%) ke dosis 3 yang hanya (6,91%). Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu langkah pencegahan terhadap tinggi nya angka Covid-19 dan pembentukan herd imunity pada kelompok lanjut usia (lansia), Hal tersebut tak dapat tercapai bila capaian vaksinasi masih kurang dari 70% berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO). Aspek kualitas pelayanan menjadi penting karena pelayanan yang berkualitas akan memunculkan persepsi baik bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan vaksinasi Covid-19 lansia dengan kepuasan pasien di Puskesmas Hajimena tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan dengan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yakni masyarakat lanjut usia 60 tahun keatas yang telah melakukan vaksinasi di Puskesmas Hajimena sejumlah 100 responden yang dipilih secara accidental sampling menggunakan instrumen angket yang berisi tentang dimensi tangible, reliability, responsivness, assurance, empathy dan kepuasan pasien. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan 95%. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan antara tangible (p-value 0,027) OR=2,7, reliability (p-value 0,002) OR=4,3, responsivness (p-value 0,005) OR=3,5, assurance (p-value 0,006) OR=3,6, dan emphaty (p-value 0,009) OR=3,3 dengan kepuasan pasien. Dimensi yang paling berpengaruh yakni deimesni reliability. Peneliti berharap agar jadwal pelayanan pelayanan vaksinasi covid-19 tepat waktu, menumbuhkan rasa nyaman dan aman dengan bersikap ramah terhadap pasien, menambah jadwal pelayanan vaksinasi seperti balai desa, kegiatan posbindu/prolansia untuk menaikan cakupan vaksinasi covid-19, dan puskesmas memiliki rekapan data per desa yang telah melakukan vaksinasi agar menjadi perhatian dan melakukan intervensi terhadap desa dengan cakupan rendah.
Kata Kunci : Vaksinasi Lansia, Pelayanan, Kepuasan
Kepustakaan : 43 (2009-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Arsip

Bagian

Artikel