the ANALISIS HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN POLIKLINIK RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

ANALISIS HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN POLIKLINIK RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

Penulis

  • rifdaaulia rifdaaulia kesmas

Abstrak

PEMINATAN ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN
PROGRAM STUDI SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Skripsi, Agustus, 2022
Rifda Aulia Zahrah
xv + 70 Halaman + 2 Gambar + 14 Tabel + 14 Lampiran
Hubungan Bauran Pemasaran dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Poliklinik RS Pertamina Bintang Amin Tahun 2022
ABSTRAK
Pada tiga tahun terakhir terjadi penurunan jumlah kunjungan ulang di Rumah Sakit (RS) Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. jumlah pasien lama tahun 2019 sebanyak 6422 pasien, tahun 2020 sebanyak 6438 pasien dan tahun 2021 terjadi penurunan yang sangat signifikan sebanyak 2.631. Penurunan jumlah kunjungan ulang juga berdampak pada target kunjungan pasien poliklinik yaitu belum tercapai pada tahun 2021 sebesar 61,263 kunjungan atau 79,93%. Penurunan ini menjadi masalah yang harus diperhatikan oleh pihak rumah sakit karena akan berdampak pada pendapatan rumah sakit. Minat berkunjung kembali dapat dipengaruhi oleh bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan pasien di poliklinik RS Pertamina Bintang Amin. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah 120 responden dari poliklinik pasien umum (non asuransi) RS Pertamina Bintang Amin. sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan produk (0,007); harga (0,048); tempat (0,001); promosi (0.019); orang (0,038); proses (0,033) dengan minat kunjungan ulang pasien. Sedangkan tidak ada hubungan antara bukti fisik (0,203) dengan minat kunjungan ulang pasien Poliklinik RS Pertamina Bintang Amin. Saran bagi rumah sakit mengadakan pendidikan dan pelatihan service excellen, menyediakan bermacam metode pembayaran digital, dan penambahan jenis poliklinik.
Kata Kunci : Minat, Kunjungan Ulang, Bauran Pemasaran, Rumah Sakit
Daftar Pustaka : 51 (2008-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Arsip

Bagian

Artikel