S Pengolahan Limbah Medis Padat di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung

Penulis

  • ilham aldino kesehatan masyarakat

Kata Kunci:

limbah medis padat, rumah sakit, pengolahan

Abstrak

Masalah lingkungan erat sekali hubungannya dengan dunia kesehatan. Untuk mencapai kondisi masyarakat yang sehat diperlukan lingkungan yang baik pula. WHO melaporkan limbah yang dihasilkan layanan kesehatan (rumah sakit) hampir 80% limbah umum, 20% berupa limbah umum berbahaya yang mungkin menular, beracun atau radioaktif. Pengelolaan limbah medis padat rumah sakit harus ditangani dan dikelola dengan baik sehingga akan menghindari dampak terhadap pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengolahan limbah medis padat di rumah sakit pertamina bintang amin bandar lampung.

Penelitian ini kuantitatif dengan desain Deskriptif observasional. Sampel sebanyak 11 ruangan. Pengumpulan data dengan cara  wawancara dan lembar observasi. Analisis data secara univariat.

 Hasil penelitian menunjukan proses pengolahan limbah medis padat di Rumah sakit pertamina bintang amin pada tahap pemilahan,pengangkutan belum memenuhi syarat  sesuai dengan kepmnekes no 1204 tahun 2004 sedangkan untuk tahap pewadahan ,tempat penyimpanan sementara dan juga pemusnahan sudah memenuhi syarat sesuai dengan kepmenkes no 1204 tahun 2004 ,untuk tahap pemusnahan sendiri rumah sakit pertamina bintang amin bekerja sama dengan pihak ke-3.Pihak rumah sakit pertamina bintang amin,sebaiknya melaksanakan kegiatan pengolahan limbah medis padat sesuai dengan kepmenkes No 1204/MENKES/SK/X/2004 terutama pada tahap pemilahan dan pengangkutan. selain  itu juga perlu adanya alat insenerator sendiri sehingga nantinya limbah bisa dimusnahkan dengan cepat dan juga menghemat biaya .

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Arsip

Bagian

Artikel