A ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI KINERJA PERAWAT DI RSUD SUKADANA LAMPUNG TIMUR TAHUN 2022

Penulis

  • Vera Ariani Universitas malahayati

Abstrak

Masalah kinerja SDM khususnya perawat di rumah sakit menunjukkan bahwa pengembangan tenaga kesehatan belum dapat memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan untuk pelayanan/pembangunan kesehatan, Hasil prasurvei ini sedikit memberikan gambaran bahwa perawat yang kinerja atau prestasi kerjanya kurang baik lebih banyak yang memiliki persepsi, sikap, motivasi, dan kepribadian serta kemauan belajar yang rendah. Kondisi inilah yang menjadi pertimbangan pebelitian lebih difokuskan pada faktor psikologis yaitu sikap, motivasi, dan belajar. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kinerja perawat di RSUD Sukadana Lampung Timur.
Jenis penelitian kuantitatif, rancangan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat RSUD Sukadana Lampung Timur sebanyak 172 perawat, sekaligus sebagai sampel. Data diperoleh dengan mengisi kuesioner. Data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan chi square.
Hasil penelitian deskripsi kinerja responden sebanyak 83 (48,3%) yang kinerjanya tergolong baik, sebanyak 78 (45,3%) memiliki sikap positif, sebanyak 76 (44,2%) memiliki motivasi tinggi, sebanyak 85 (49,4%) belajarnya baik. Ada pengaruh antara sikap (p value =0,035 OR=2,01), motivasi (p value =0,001 OR=3,30), tidak ada pengaruh belajar terhadap kinerja perawat di RSUD Sukadana Lampung Timur (p value =1,000). Terdapat pengaruh antara kinerja perawat dengan motivasi, dan sikap perawat. Disarankan untuk meningkatkan kinerja perawat RSUD Sukadana Lampung Timur dapat memberikan insentif/reward kepada perawat berprestasi sehingga dapat meningkatkan sikap yang lebih baik dan menimbulkan daya saing. Untuk meningkatkan keterampilan dalam pelaksanaan kinerja perawat, disarankan agar setiap perawat memiliki kesempatan pelatihan yang sama dan bagi perawat yang sudah mendapat pelatihan untuk untuk tidak dipindah tugaskan minimal 2 tahun.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Arsip

Bagian

Artikel