faktor faktor yang mempengaruhi pemanfaatan jamban umum di Kelurahan pesawahan kota Bandar Lampung

fakto faktor yang mempengaruhi pemanfaatan jamban umum di kelurahan pesawahan kota bandar lampung

Penulis

  • Jupri Jupri Unversitas malahayati

Kata Kunci:

umur, pendidikan, peran tenaga kesehatan, dukungan aparat desa/tokoh agama/tokoh masyarakat

Abstrak

Jamban umum merupakan salah satu alat internatif penting
untuk menyelesaikan masalah sanitasi pada masyarakat miskin
perkotaan dan penduduk yang mempunyai hunian sementara. Terdapat sekitar 60% atau 4,5 miliar orang di dunia tidak memiliki toilet sehat.
Pencapaian akses jamban sehat untuk Indonesia baru mencapai 81,04%, Provinsi Lampung mencapai 90,64%, Kota Bandar Lampung mencapai 96,01%, Kecamatan Teluk Betung Selatan mencapai 87,55% dan Kelurahan Pesawahan baru mencapai 87,82%. Di kelurahan Pesawahan Kota Bandar Lampung terdapat 10 jamban umum, jamban umum yang ada di Kelurahan Pesawahan Kota Bandar Lampung terdapat hanya 2 jamban yang digunakan dengan baik, sedang 8 jamban umum lainnya tidak berfungsi baik. Tujuan penelitian ini untuk diketahui faktor faktor yang mempengaruhi pemanfaatan jamban umum di Kelurahan Pesawahan Kota Bandar Lampung tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi sebanyak 33 KK, jumlah sampel 30 KK dari 3 RT dengan teknik pengambilan data menggunakan Purposive Sampling dan analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square.Hasil penelitian ini meninjukkan yang memanfaatkan jamban umum di peroleh sebanyak 14 (5,5%) sedangkan yang tidak memanfaatkan sebanyak 16 (6,3%). Peran tenaga kesehatan mendukung diperoleh sebanyak 13 (5,1%)dan tidak mendukung diperoleh sebanyak 17 (6,7%). Dukungan apparat desa/tokoh masyarakat/tokoh agama, mendukung sebanyak 18 (7,1%) dan tidak
mendukung sebanyak 12 (3,1%). Hasil analisis chis square menunjukkan tidak ada hubungan umur (p=0,710), jenis Pendidikan (p value= 0,272) dengan pemanfaatan jamban umum. peran tenaga kesehatan (p value=0,072), dukungan apparat desa/tokoh masyarakat/tokoh agama (p value=0,117) dengan pemanfaatan jamban umum. Disarankan bagi masyarakat Kelurahan Pesawahan Kota Bandar Lampung Lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap jamban umum untuk memanfaatkan nya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Arsip

Bagian

Artikel