Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas kaliasin tanjung bintang Lampung Selatan

Penulis

  • Rohman Daka Universitas Malahayati Bandar Lampung

Kata Kunci:

Kata kunci : Kejadian ISPA, Status Gizi, Status Imunisasi, Pengetahuan Ibu, Merokok

Abstrak

ABSTRAK

Angka kejadian ISPA di Kabupaten Lampung Selatan menempati urutan pertama dan angka kesakitan dan kematian ISPA cukup tinggi terjadi pada balita, jumlah kasus ISPA pada balita disetiap tahunnya. Pada tahun 2021 terdapat 100.854 kasus ISPA dari 293.869 kasus ISPA. ISPA menduduki sebagai penyebab kematian bayi nomor satu di Indonesia Tujuan penelitian ini untuk mengeatahui faktor-fakor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada balita.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional dengan jumlah populasi sebanyak 2.578 balita dan sampel sebanyak 126 balita. Teknik sampling yang digunakan yaitu Pusrposive Sampling menggunakan uji analisis univariat dan bivariate. Untuk mengetahui distribusi frekuensi variabel independen dan mengetahui hubungan variabel independent (status gizi, status imunisasi, penegetahuan ibu dan kebiasaan merokok) dan variable dependen dengan kajian ISPA pada balita menggunakan Uji Chi Square.

Balita yang mengalami ISPA 39,7%, balita dengan status gizi kurang 10,3%, balita yang memiliki kelengkapan status imunisasi 62,7%, balita yang memiliki status kelengkapan dan ketepatan imunisasi 27,0%, responden yang memiliki pengetahuan buruk 52,4% dan yang memiliki kebiasaan merokok 57,9%. Terdapat hubungan antara status gizi (p-value = 0,045) dengan OR 3,951, kelengkapan imunisasi (p-value = 0,000) dengan OR 4,450, kelengkapan dan ketepatan imunisasi (p-value = 0,000) dengan OR 5,553, pengetahuan ibu (p-value = 0,000) dengan OR 4,613, kebiasaan merokok (p-value = 0,000) dengan OR 9,419) dengan kejadian ISPA pada Balita di wilayah kerja puskesmas kaliasin. Diharapkan petugas kesehatan dapat meningkatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat berupa penyuluhan ataupun sosialisasi untuk memberikan pengetahuan mengenai penyakit ISPA, status gizi, status kelengkapan dan ketepatan serta pemantauan imunisasi sesuai jadwal dan bahaya keberadaan anggota keluarga yang merokok.

Kata kunci : Kejadian ISPA, Status Gizi, Status Imunisasi, Pengetahuan Ibu, Merokok

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Arsip

Bagian

Artikel