S PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA TOKOH MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HAJIMENA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2023

Penulis

  • Aulyya Rahmah Kesehatan Masyarakat

Kata Kunci:

DBD, pengetahuan, sikap, motivasi, sumber informasi, 3M Plus.

Abstrak

Demam Berdarah Dengue sebuah penyakit yang menyebabkan puskesmas hajimena masuk kedalam 9 besar puskesmas dengan wilayah endemis penyakit DBD. Tahun 2021 dengan Incidence rate (IR) sebesar 45,29 per 100.000 penduduk. Salah satu penyebab adanya penyakit ini karena kurangnya peran dari tokoh masyarakat terhadap pencegahan DBD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, motivasi dan sumber informasi tokoh masyarakat terhadap perilaku pencegahan DBD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 67 tokoh masyarakat dengan 7 kepala dusun dan 60 RT yang diambil menggunakan teknik total sampling. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Chi – square. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober– Maret 2023.

Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa terdapat pengetahuan baik sebesar 61.2%, sikap positif sebesar 58.2%, motivasi tinggi sebesar 53.7%. Sumber Informasi verbal sebesar 56.7% dan sumber informasi non verbal sebesar 43.3%. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan, sikap, dan motivasi dengan perilaku pencegahan DBD dengan p – value (0.000), (0.000), dan (0.006). Tidak ada hubungan sumber informasi dengan perilaku pencegahan DBD (0.901). Perlunya peran petugas kesehatan untuk membentuk komunitas atau kumpulan para tokoh masyarakat yang diberi nama atau istilah “Tomat DBD” (tokoh masyarakat cegah penyakit DBD) dan menggiatkan kegiatan penyuluhan mengenai pencegahan DBD dengan 3M Plus.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Arsip

Bagian

Artikel