the EFEKTIVITAS KIE MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET DAN VIDEO TENTANG UPAYA PENCEGAHAN DIARE TERHADAP PENGETAHUAN KADER POSYANDU DI PUSKESMAS GUNUNG SUGIH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023

EFEKTIVITAS KIE MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET DAN VIDEO TENTANG UPAYA PENCEGAHAN DIARE TERHADAP PENGETAHUAN KADER POSYANDU DI PUSKESMAS GUNUNG SUGIH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023

Penulis

  • NUKE INDRAWATI KESMAS MALAHAYATI

Abstrak

ABSTRAK
Diare masih menjadi penyebab kematian terbanyak pada masa post neonatal, yaitu sebesar 14% kematian karena diare. Keberhasilan dalam pencegahan ke dalam kondisi yang lebih berat karena diare pada anak tidak lepas dari peran kader posyandu. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan kader tentang pencegahan diare adalah dengan pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas KIE menggunakan media booklet dan video tentang upaya pencegahan diare terhadap pengetahuan kader posyandu di Puskesmas Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2023.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan rancangan quasy experiment dan desain pretest pottest with control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kader di Puskesmas Gunung Sugih dengan jumlah 50 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Kelompok intervensi diberikan KIE menggunakan booklet dan kelompok kontrol diberikan KIE menggunakan video. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan univariat dan One Way Anova.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media booklet adalah 57,52 dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan adalah 91,48. Sedangkan rata-rata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media video adalah 58,60 dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan adalah 93,56. Berdasarkan hasil uji one way anova didapatkan bahwa p value 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan efektivitas KIE menggunakan media booklet dan video tentang upaya pencegahan diare dengan kelompok kontrol terhadap pengetahuan kader posyandu di Puskesmas Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2023. Saran kader- kader setelah diberikan pendidikan kesehatan ini dapat meneruskan informasi kepada ibu-ibu yang memiliki balita.
Kata kunci : KIE, Booklet, Video, Diare, Kader Kepustakaan : 49 (2012-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Arsip

Bagian

Artikel