HUBUNGAN FAKTOR TEMAN SEBAYA DAN PERAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMPN 3 MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2023

Penulis

  • RENNA OKTAVIA RUDI UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Abstrak

Masalah yang sering terjadi pada remaja salah satunya adalah masalah yang terkait dengan merokok. Persentase perilaku merokok di SMPN 3 Menggala terdapat 62% siswa yang merokok Merokok dilihat dari berbagai sudut pandang manapun sangat merugikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang berada di sekelilingnya. Perilaku merokok pada remaja dapat dipengaruhi oleh faktor teman sebaya dan peran orangtua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor teman sebaya dan peran orang tua dengan perilaku merokok remaja di SMPN 3 Menggala Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023.

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki di SMPN 3 Menggala Kabupaten Tulang Bawang tahun 2023 dengan jumlah 127 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat (chi-square).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 80 (63%) responden memiliki perilaku positif, 84 (66,1%) responden mendapatkan dukungan dari teman sebaya, dan 86 (67,7%) responden ada peran orangtua. Hasil uji chi-square didapatkan ada hubungan faktor teman sebaya (p value 0,011 dan OR= 2,875) dan peran orangtua (p value 0,036 dan OR = 2,423) dengan perilaku merokok remaja di SMPN 3 Menggala Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023. Saran perlu dilakukannya pengawasan yang ketat oleh pihak sekolah mengenai kebiasaan merokok Siswa serta pemberian sanksi yang tegas bagi mereka yang kedapatan merokok.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Arsip

Bagian

Artikel