Skripsi Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tenaga Kesehatan Terhadap Timbunan Limbah Medis Di Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2023

Penulis

  • Tri Puji Haryono Kesehatan Masyarakat

Kata Kunci:

Limbah Medis

Abstrak

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP TIMBUNAN LIMBAH MEDIS DI PUSKESMAS KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Oleh :
Tri Puji Haryono 1)


ABSTRAK

Limbah medis merupakan limbah yang berasal dari sebuah pelayanan medik, perawatan gigi, farmasi, penelitian, pengobatan, perawatan atau pendidikan yang menggunakan bahan-bahan yang beracun, infeksius dan berbahaya. Salah satu sumber adanya limbah medis yakni Puskesmas yang merupakan salah satu instansi yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat.
Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan menghasilkan sampah limbah medis sebanyak 4 Kg atau dalam sebulan rata-rata 90 Kg. Apabila pengelolaan sampah limbah medis yang ada di Puskesmas Katibung tidak dapat diperbaiki akan dapat mengakibatkan kerugian yang ada di Puskesmas Katibung itu sendiri bahkan dapat merugikan masyarakat sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana hubungan tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan tenaga kesehatan terhadap timbunan limbah medis di Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan.
Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 54 responden yakni tenaga kesehatan yang ada pada Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan tindakan tenaga kesehatan terhadap pengelolaan timbunan limbah medis yang ada di puskesmas Katibung Lampung Selatan. Disarankan Tenaga medis yang ada di Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan dalam pengelolaan limbah medis, sehingga pengelolaan limbah medis yang ada di puskesmas Katibung Lampung Selatan menjadi lebih baik lagi kedepannya.
Kata Kunci : Puskesmas., Tenaga Kesehatan, Limbah Medis.
Daftar Pustaka : 40 (2008 – 2021).

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Arsip

Bagian

Artikel