the PENGARUH KONSUMSI PISANG AMBON TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL ANEMIA DI PUSKESMAS GISTING JAYA TAHUN 2023

PENGARUH KONSUMSI PISANG AMBON TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL ANEMIA DI PUSKESMAS GISTING JAYA TAHUN 2023

Penulis

  • INDAH AFIANA INDAH AFIANA DIV KEBIDANAN UNIVERSITAS MALAHAYATI

Abstrak

ABSTRAK
XVII + 66 halaman + 9 Tabel + 2 Gambar + 13 Lampiran
Latar Belakang: Prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia sebesar 37,1% .Kejadian anemia di Gisting Jaya 133 (16,7%).Anemia yang di derita oleh ibu hamil dapat menyebabkan abortus, persalinan prematuritas, mudah terjadi infeksi, molahidatidosa, perdarahan antepartum, dan KPD. Pisang ambon adalah salah satu Terapi non famakologi untuk ibu hami anemia, Pisang ini diperkaya zat besi yang efektif untuk mengendalikan kekurangan zat besi dan hampir seluruhnya dapat diserap tubuh.
Tujuan penelitian adalah mengetahui Pengaruh Konsumsi Pisang Ambon Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Anemia Di Puskesmas Gisting Jaya Tahun 2023.
Metode : Jenis penelitian kuantitatif pendekatan quasi esksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil TM I-III yang anemia berjumlah 65 dengan sampel sebanyak sampel sebanyak 30 orang, dimana sebanyak 15 ibu hamil sebagai kelompok eksperimen dan 15 ibu hamil sebagai kelompok kontrol. Objek penelitian ini adalah kadar haemoglobin (Hb) pada ibu hamil TM III dan pisang ambon. Penelitian telah dilaksanakan di DiPuskesmas Gisting Jaya Tahun 2023 pada bulan Juni - Juli 2023. Pengumpulan data menggunakan observasi. Metode pengumpulan data dengan pengukuran Hb dan pemberian pisang ambon selama 7 hari .Analisis data secara univariat dan bivariat (t-test).
Hasil penelitian: pada kelompok intervensi diketahui rata-rata kadar Hb sebelum diberikan tablet fe dan pisang ambon adalah 10,4 gr/dl dan rata-rata kadar Hb setelah diberikan tablet fe dan pisang ambon adalah 11,7 gr/dl. Pada kelompok kontrol Diketahui rata-rata kadar Hb sebelum diberikan tablet fe adalah 10,4 gr/dl dan rata-rata kadar Hb setelah diberikan tablet fe adalah 10,9 gr/dl(p-value 0,000).
Kesimpulan: Ada pengaruh Pisang Ambon terhadap kadar Hb ibu hamil Di Puskesmas Gisting Jaya Tahun 2023 (p-value 0,000).
Saran : Pemberian pisang ambon terhadap ibu hamil serta melakukan penyuluhan-penyuluhan untuk menambah pengetahuan hamil tentang penanganan anemia.
Kata Kunci :Pisang Ambon , Kadar Hb, Ibu Hamil,Anemia
Kepustakaan : 26 (2022

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Arsip

Bagian

Artikel