HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEJADIAN PELECEHAN SEKSUAL DI SMP X KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2023

Penulis

  • NURKHASANAH UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Abstrak

Pelecehan seksual merupakan penyalahgunaan hubungan perempuan dan laki-laki yang merugikan salah satu pihak. Berdasarkan laporan data kasus kekerasan di Provinsi Lampung tahun 2022 terdapat 41% kasus pelecehan seksual. Faktor yang mempengaruhi kejadian pelecehan seksual salah satunya adalah pola asuh orangtua. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan kejadian pelecehan seksual di SMP X Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023.

 

Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja kelas VIII di SMP X Kabupaten Pesisir Barat dengan jumlah 150 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan chi square.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 38 (25,3%) responden yang pernah mengalami pelecehan seksual dan 112 (74,7%) responden tidak pernah mengalami pelecahan seksual. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan pola asuh otoriter ayah (p=0,001) dan ibu (p=0,008), demokratis ayah (p=0,024), lalai ayah ibu (p=0,039; 0,029), dan memanjakan ayah (p=0,042) dan ibu (p=0,045) dengan kejadian pelecehan seksual. Sedangkan pola asuh demokratis ibu (p=0,791) tidak berhubungan dengan kejadian pelecehan seksual. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan petugas kesehatan dapat memberikan edukasi mengenai batasan-batasan dalam seksualitas sehingga remaja mengerti batasan-batasan yang dapat dijaga dan dianggap privasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Arsip

Bagian

Artikel