S HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN

Penulis

  • yayang suci tamara universitas malahayati

Abstrak

PEMINATAN ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN PROGRAM STUDI SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI

Skripsi, Agustus 2023 Yayang Suci Tamara

Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap RS Pertamina Bintang Amin

xiii + 66 Halaman + 15 Tabel + 2 Gambar + Lampiran

ABSTRAK

Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin mengalami fluktuasi jumlah kunjungan Pasien rawat inap, yang disebabkan oleh adanya peningkatan dan kualitas pelayanan yang ada di Rumah Sakit lain dan jaraknya relatif dekat. Loyalitas pasien dapat dipengaruhi oleh bauran pemasaran produk, harga, tempat, promosi, orang, dan bukti fisik.Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, proses) dengan loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit pertamina bintang amin. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden dari populasi 7.927 pasien rawat inap RSPBA. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pengukuran variabel bauran memakai kuesioner Zahrah (2022) di RS Bhayangkara lampung. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian yang didapatkan ada hubungan antara produk dengan loyalitas pasien (p=0,004), ada hubungan antara harga dengan loyalitas pasien (p=0,032), ada hubungan antara Tempat dengan loyalitas pasien (p=0,001), ada hubungan antara promosi dengan loyalitas pasien (p = 0,027), ada hubungan antara orang dengan loyalitas pasien (p = 0,001), tidak ada hubungan antara bukti fisik dengan loyalitas pasien (p = 0,13), dan ada hubungan antara Proses dengan loyalitas pasien (p = 0,012). Rumah sakit perlu menyosialisasikan jenis pembayaran online ke pasien, aktif media sosial seperti instagram, facebook, twitter, youtube, dan lainnya. Dan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai variabel promosi, mengingat promosi yang efektif memiliki potensi besar untuk meningkatkan kunjungan kembali pasien dan menciptakan loyalitas.

Kata Kunci : Rumah Sakit, Bauran Pemasaran, Loyalitas, Pasien Rawat Inap Kepustakaan : 23 (2018 – 2023)

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-20

Arsip

Bagian

Artikel