F Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Unmet Need Keluarga Berencana Pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung Tahun 2022

Penulis

  • Delima Selviyani Putri Kesehatan Masyarakat

Kata Kunci:

Pasangan Usia Subur (PUS), Unmet Need KB

Abstrak

Unmet need KB menjadi permasalahan yang terjadi dibanyak negara berkembang, hal tersebut terjadi ketika Pasangan Usia Subur (PUS) yang tidak ingin memiliki anak atau ingin menjarangkan umur anak dan aktif melakukan hubungan suami istri tetapi tidak mau menggunakan kontrasepsi atau ber-KB. Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung mempunyai unmet need KB cukup tinggi yaitu 41,23%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya unmet need KB pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung tahun 2022.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Analisis data menggunakan analisa univariat dan bivariat, dengan uji Chi-Square. Populasi adalah Pasangan Usia Subur (PUS) dengan unmet need KB yaitu 2867 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling, didapatkan sampel sebanyak 132 responden. Variabel penelitian ini yaitu pengetahuan, efek samping alat kontrasepsi, akses pelayanan kesehatan KB, dukungan suami.

 Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan yang signifikan pengetahuan dengan terjadinya unmet need KB dengan nilai p value 0,000 artinya P<0,05. Terdapat hubungan yang signifikan akses pelayanan kesehatan KB terhadap terjadinya unmet need dengan p value 0,004 artinya P<0,05. Terdapat hubungan yang signifikan efek samping alat kontrasepsi dengan unmet need KB dengan p value 0,027 arinya P < 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan dukungan suami dengan terjadinya unmet need KB dengan hasil nilai p value 0,032 artinya P<0,05. Disarankan bagi BKKBN, Pel-KB, kader kesehatan diharapkan dapat melakukan sosialisasi mengenai Keluarga Berencana dan bisa menjadi pendamping bagi Pasangan Usia Subur (PUS) yang belum ber-KB, dan perlunya memberikan edukasi kepada suami mengenai dukungan suami terhadap KB.

Kata Kunci : pasangan usia subur (pus), unmet need KB

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Arsip

Bagian

Artikel