H Hubungan Keberadaan Jentik dan Container Index dengan Kejadian Penyakit DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Kemiling Kota Bandar Lampung Tahun 2023

Penulis

  • rossy meliyana kesehatan masyarakat

Kata Kunci:

DBD, Keberadaan Jentik, Container Index (CI)

Abstrak

Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang diketahui membawa virus Dengue. Di Bandar Lampung, kecamatan Kemiling menjadi wilayah tertinggi pesebaran kasus DBD dengan jumlah 23,7% kasus pertahun 2022. Salah satu upaya penurunan DBD dengan melakukan identifikasi keberadaan jentik dan Container Index (CI). Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah guna mengetahui hubungan antara Keberadaan Jentik dan hubungan antara Container Index (CI) dengan Kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Kemiling.

Jenis penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan case control. Sampel pada kajian ini memakai perbandingan 1:1, yaitu kelompok kasus atau penderita DBD sebanyak 27 responden dan kelompok kontrol atau non penderita DBD sebanyak 27 responden, denganĀ  total 54 responden. Analisis data univariat dan bivariat dengan uji chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keberadaan Jentik (p-value = 0,001) dan Container Index (p-value = 0,001) berpengaruh terhadap kasus DBD. Saran kepada masyarakat Kecamatan Kemiling adalah melaksanakan 3M apabila masyarakat menemukan jentik pada container di rumah untuk memutus rantai DBD. Terutama pada container seperti ember bekas, kaleng bekas, dan container yang tidak dipakai kembali.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Arsip

Bagian

Artikel