A Analisis Pencemaran Udara Emisi Karbon Monoksida (CO) Akibat Kemacetan Lalu Lintas Di Kota Bandar Lampung (Studi Kasus: Palang Pintu Perlintasan Kereta Api di Jl. Hi. Komarudin)

Analisis Pencemaran Udara Emisi Karbon Monoksida (CO) Akibat Kemacetan Lalu Lintas Di Kota Bandar Lampung (Studi Kasus: Palang Pintu Perlintasan Kereta Api di Jl. Hi. Komarudin)

Penulis

  • Mirna Apriyana Universitas Malahayati

Abstrak

ABSTRAK

Penurunan kualitas udara disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk dan semakin beragamnya mobilitas manusia. Aktivitas transportasi di Kota Bandar Lampung  seperti kereta api menimbulkan kemacetan dan peningkatan jumlah kendaraan di lokasi perlintasan sehingga menyebabkan polusi udara yang tinggi terutama gas karbon monoksida yang berasal dari gas buang kendaraan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perlintasan kereta api terhadap peningkatan emisi karbon monoksida (CO). Lokasi penelitian dilakukan di Jl. Hi. Komarudin yang merupakan jalan utama penghubung perbatasan antara kota Bandar Lampung dengan Kecamatan Natar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung jumlah kendaraan menggunakan traffic counting, menghitung emisi CO berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 12 Tahun 2010 dan menganalisis besarnya pengaruh jumlah kendaraan terhadap konsentrasi emisi CO. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan software Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara jumlah kendaraan dengan emisi CO akibat perlintasan kereta api, dimana semakin banyak jumlah kendaraan maka konsentrasi CO semakin tinggi.

Kata kunci: emisi, karbon monoksida (CO),kendaraan bermotor, kereta api.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-08

Arsip

Bagian

Artikel