A Kondisi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Kawasan Universitas Malahayati Dalam Menyerap Emisi Karbon Dioksida CO2 Dari kendaraan bermotor Pasca Pandemi Covid-19
Kondisi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Kawasan Universitas Malahayati Dalam Menyerap Emisi Karbon Dioksida CO2 Dari kendaraan bermotor Pasca Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Ruang Terbuka Hijau, Emisi CO2, Traffic counting, Kendaraan bermotorAbstrak
Universitas Malahayati (UNMAL) merupakan salah satu tempat pendidikan perguruaan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan tingginya jumlah kendaraan yang berpotensi meningkatkan emisi karbon dioksida (CO2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah emisi karbon dioksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dan daya serap ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan UNMAL pasca pandemi covid-19. Perhitungan jumlah kendaraan dilakukan untuk mengetahui jumlah emisi dengan menggunakan metode traffic counting pada jam puncak pagi, siang dan sore selama 6 hari dan perhitungan emisi karbon dioksida dengan microsoft excel dan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 12 tahun 2010 dan studi literatur digunakan dalam menghitung daya serap pohon pengisi RTH. Hasil penelitian ini menunjukkan total emisi pada kendaraan bermotor di kawasan UNMAL pasca pandemi covid-19 sebesar 36.904,36 g CO2/jam dan daya serap pohon di kawasan UNMAL sebesar 748.006,92 g CO2/jam. Berdasarkan hasil ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan UNMAL masih mampu menyerap emisi CO2. Strategi yang dilakukan untuk lebih mengoptimalkan kemampuan serapan dari kendaraan bermotor akan dilakukan pemeliharaan tanaman (penyiraman, pemangkasan, dan pemupukan) dan dengan melakukan Re-vegetasi (pergantian/penambahan) pohon di beberapa area seperti media jalan, taman, parkiran, dan heliped.