S ANALISA SIFAT MEKANIK BAJA AISI 1040 SEBAGAI HASIL PROSES PACK CARBURIZING MENGGUNAKAN ARANG TULANG SAPI DAN BATOK KELAPA
Kata Kunci:
Baja AISI 1040, Pack Carburizing, XRF, HV, FESEM-EDS.Abstrak
ANALISA SIFAT MEKANIK BAJA AISI 1040 SEBAGAI HASIL PROSES PACK CARBURIZING MENGGUNAKAN ARANG TULANG SAPI DAN BATOK KELAPA Candra Irianto1 1Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Malahayati Jl. Pramuka No. 27 Kemiling, Bandar Lampung E-mail: Candrairianto98@gmail.com ABSTRAK
Baja AISI 1040 adalah bahan yang sering digunakan untuk keperluan berbagai komponen mesin seperti gear motor, namun gear motor memerlukan peningkatan nilai kekerasan supaya lebih tahan terhadap gesekan serta keausan. Dalam hal tersebut diperlukan metode eksperimen dengan proses pack carburizing pada temperatur 8000C, waktu penahanan selama 60 menit dan 300 menit serta media pendingin menggunakan oli SAE 50 dengan volume 600 ml. Pengujian yang di lakukan menggunakan X-Ray Flourescen (XRF) dengan nilai raw material = 97,94%, spesimen A = 97,98%, spesimen B = Fe 98,93%, Harness Vickers (HV) dengan nilai raw material = 107HV, Spesimen A = 119HV, spesimen B = 106HV dan Field Emission Scanining Microscope-Energy Dispersive X-Ray Spectroscopy (FESEM-EDS) dengan nilai spesimen A = 45,97% dan spesimen B = 81,03%. Berdasarkan hasil pengujian eksperimen pack carburizing pada baja AISI 1040 dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata kekerasan pada baja AISI 1040 sebesar 113 HV, dan peningkatan rata-rata nilai unsur Fe sebesar 0,1%, persen karbon tertinggi pada spesimen B sebesar 0,8%. Dengan demikian proses perlakuan panas pack carburizing mempengaruhi kekerasan Vickers dan persentase karbon baja AISI 1040 hasil dari pack carburizing arang tulang sapi dan arang batok kelapa.
Kata kunci : Baja AISI 1040, Pack Carburizing, XRF, HV, FESEM-EDS.