S ANALISIS HUBUNGAN INCOME LEVEL DENGAN KEBIASAAN MAKAN PADA IBU HAMIL SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAJA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

ANALISIS HUBUNGAN INCOME LEVEL DENGAN KEBIASAAN MAKAN PADA IBU HAMIL SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAJA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

Penulis

  • Marlina Agustina Keperawatan

Kata Kunci:

Income level, Kebiasaan diet, Covid-19

Abstrak

Pendahuluan : Puskesmas Sukaraja menduduki urutan kedua ibu hamil terbanyak di Kota Bandar Lampung dengan jumlah 1.127 (5,8%) setelah Puskesmas Panjang dengan jumlah ibu hamil sebanyak 1.476 (7,59%) dan diurutan ketiga adalah Puskesmas Satelit dengan ibu hamil sebanyak 1.045 (5,4%). Masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Sukraja memiliki pekerjaan 60% bekerja sebagai buruh, 20% sebagai swasta, 10% sebagai wiraswasta atau pedagang, dan 10% sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Income level mayoritas masyarakat masuk kedalam kategori kurang dikarenakan income level masyarakat kurang dari UMR Kota Bandar Lampung (< Rp2.770.794,14)

Tujuan : Diketahui hubungan income level dengan kebiasaan makan pada ibu hamil selama pandemi COVID-19

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan desain Survei Analitik pendekatan Crossectional dengan menyebarkan kuesioner tentang income level  dan Food Frequency Questionnaire (FFQ).

Hasil : Analisis distribusi frekuensi income level  terdapat 63 (40,1%) dalam kategori cukup dan sebanyak 94 (59,9%) responden memiliki income level kurang. Analisis distribusi frekuensi kebiasaan makan terdapat 92 (58,6%) responden memiliki kebiasaan makan yang baik dan 65 (41,4%) responden memiliki kebiasaan makan kurang  baik. Uji analisis chi-square pada hubungan antara income level dengan kebiasaan makan  pada ibu hamil, didapatkan nilai signifikasi p-value 0,000 (<0,05)

Kesimpulan : Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara income level  dengan kebiasaan makan pada ibu hamil selama pandemi Covid-19. Diharapkan ibu hamil untuk dapat memperhatikan dalam memilih bahan makanan yang akkan dikonsumsi selama masa kehamilan. Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dapat secara cermat memilih bahan makanan sesuai dengan tingkat pendapatan yang diperoleh sehingga kebutuhan gizi ibu dan janin dapat terpenuhi.

 

Kata Kunci : Income level, Kebiasaan diet, Covid-19

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-29