PENGARUH LATIHAN MINDFULNESSTERHADAP KECEMASAN PADA PERAWAT PASIEN COVID-19 DI RUANG ISOLASI RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK

Penulis

  • Derista Hartati Universitas Malahayati

Abstrak

ABSTRAK
PENGARUH LATIHAN MINDFULNESSTERHADAP KECEMASAN
PADA PERAWAT PASIEN COVID-19 DI RUANG ISOLASI
RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK
Oleh:
Derista Hartati*)
Pendahuluan: Virus Corona jenis baru yang dinamakan Severe Acute
Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARSCOV2) ditemukan pada Desember
2019 lalu di Wuhan, China. Jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Provinsi
Lampung mencapai 44.866 orang dengan total kematian sebanyak 3.794 orang.
Perawat yang bekerja di lingkungan ruang isolasi COVID-19 berpotensi memiliki
rasa cemas terhadap kesehatan mereka karena takut tertular dengan virus yang tak
kasat mata, termasuk khawatir dengan keamanan dirinya dan ketidakpastian kapan
berakhirnya peristiwa ini. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk
mengendalikan rasa cemas pada diri seseorang adalah dengan mindfulness.
Tujuan: Diketahui pengaruh latihan mindfulness terhadap kecemasan pada
perawat pasien COVID-19 di ruang isolasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
\post-test only control group design. Populasi dan sampel pada penelitian ini
adalah 32 orang perawat yang bekerja di ruang isolasi COVID-19 RSUD Dr. H.
Abdul Moeloek dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling Pengukuran penelitian ini menggunakan kuesioner FFMQ untuk
mengetahui keterampilan mindfulness dan kuesioner HARS untuk mengetahui
tingkat kecemasan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program
komputer SPSS dengan analisis uji t-dependent.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan perawat pada kelompok kontrol
sebanyak 10 responden (62,5%) memiliki kemampuan mindfulness rendah dan 6
responden (37,5%) responden memiliki kemampuan mindfulness tinggi.
Sedangkan pada kelompok eksperimen, sebanyak 16 responden (100%) memiliki
kemampuan mindfulness tinggi. Perawat pada kelompok kontrol sebanyak 16
responden (100%) memiliki kecemasan. Sedangkan, perawat pada kelompok
eksperimen sebanyak 14 responden (87,5%) tidak memiliki kecemasan dan 2
responden (12,5%) memiliki kecemasan. Hasil uji t-dependen menunjukkan
perbedaan rerata skor kecemasan dan p value adalah 0,000 <0,05.
Kesimpulan:Terdapat pengaruh antara latihan mindfulness terhadap kecemasan
pada perawat pasien COVID-19 di ruang isolasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloe
Kepustakaan : 85 (1982-2022)
Kata kunci : COVID-19, kecemasan, mindfulness
*) Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.
x
ABSTRACT
THE EFFECT OF MINDFULNESS PRACTICE AND ANXIETY IN NURSES
OF COVID-19 PATIENTS IN THE ISOLATION ROOM OF
RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK
By:
Derista Hartati
Introduction: A new type of Corona virus called Severe Acute Respiratory
Syndrome Coronavirus 2 (SARSCOV2) was discovered in December 2019 in
Wuhan, China. The number of confirmed cases of COVID-19 in Lampung
Province reached 44,866 people with a total death of 3,794 people. Nurses who
work in the COVID-19 isolation room have the potential to feel anxious about
their health and fear of being infected with an invisible virus, including worrying
about their safety and the uncertainty of when this event will end. One approach
that can be taken to control anxiety in a person is mindfulness.
Objective: Determine the relationship between mindfulness capabilities and
anxiety in nurses of COVID-19 patients in the isolation room of Dr. RSUD. H.
Abdul Moeloek.
Methods: This type of research was a quantitative study with a posttest only
control group design design. The population and sample in this study were 32
nurses who worked in the COVID-19 isolation room at RSUD Dr. H. Abdul
Moeloek and the sampling technique used the purposive sampling technique.
Measurement of this study were using a FFMQ questionnaire to determine
mindfulness skills and the HARS questionnaire to determine the level of anxiety.
Data analysis in this study used the SPSS computer program with dependent-t test
analysis.
Result: Based on the results of the study, 10 respondents (62.5%) in the control
group has low mindfulness practice abilities and 6 respondents (37.5%) have high
mindfulness practice abilities. Meanwhile, in the experimental group, 16
respondents (100%) have high mindfulness practice abilities. Nurses in the control
group as many as 16 respondents (100%) have anxiety. Moreover, nurses in the
experimental group as many as 14 respondents (87.5%) do not have anxiety and 2
respondents (12.5%) have anxiety. The results of the t-dependent test showed a
difference in the mean score of anxiety and the p value is 0.000 < 0.05.
Conclusion: There was an effect between mindfulness practice on anxiety in
nurses of COVID-19 patients in the isolation room of Dr. Hospital. H. Abdul
Moeloek
Bibliography: 85 (1982-2022)
Keywords: COVID-19, anxiety, mindfulness
*) Nursing Science Study Program, Faculty of Medicine, Malahayati University

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-18