TESIS ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA PUSKESMAS KRUI PESISIR BARAT

Penulis

  • NURUL ATIKA S2 KESMAS

Abstrak

PEMINATAN ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS MALAHAYATI

 

Tesis, 15 Agustus 2022

Nurul Atika

 

Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup penderita hipertensi di posyandu lansia puskesmas krui pesisir barat

 

xvix + 106 halaman + 29 tabel + 2 gambar + 7 lampiran

 

ABSTRAK

Prevalensi hipertensi di Provinsi Lampung 15,10% dan mayoritas diderita pra lansia dan lansia. Prevalensi hipertensi di Pesisir Barat sebesar 12,22%  dan di Puskesmas Krui sebesar 21,19%. Pelayanan pengobatan dan perawatan hipertensi bertujuan meningkatkan kualitas hidup penderita.  Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis factor yang berhubungan dengan kualitas hidup penderita hipertensi di posyandu lansia wilayah kerja UPTD Puskesmas Krui Pesisir Barat.

Jenis penelitian kuantatif dengan rancangan potong lintang, populasi 998 orang dan sampel 514 orang dengan purposive sampling, lalu dianalisis dengan chi square dan regresi logistik.

Hasil penelitian mendapatkan ada hubungan kepatuhan minum obat antihipertensi (p value <0,001 OR=2,0), aktivitas fisik (p value <0,001 OR=5,5), adanya penyakit komorbid (p value <0,001 OR=4,2), tingkat stress (p value <0,001 OR=2,6) dengan kualitas hidup. Variabel  aktivitas fisik menjadi variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kualitas hidup  dengan OR 4,4 disusul oleh variable komorbid dengan OR 2,9. Kesimpulan: aktivitas fisik merupakan variable yang paling berpengaruh dengan kualitas hidup penderita hipertensi di Posyandu Lansia dengan OR 4,4. Saran terhadap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat agar memfasilitasi lansia penderita hipertensi akan fasilitas olahraga seperti ruang terbuka hijau untuk lansia beraktivitas senam lansia, melakukan lomba jalan sehat bagi lansia serta peralatan kelengkapan alat seperti sound sistem untuk keberlangsungan kegiatan aktivitas posyandu lansia khususnya untuk meningkatkan kualitas hidup.

 

Kata Kunci      : Posyandu Lansia, Hipertensi, Kualitas Hidup

Kepustakaan   : 60 (2010-2020)

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-24