the STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PULAU PISANG DAERAH TERTINGGAL PERBATASAN DAN KEPULAUAN KECAMATAN PULAU PISANG KABUPATEN PESISIR BARAT 2022

STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PULAU PISANG DAERAH TERTINGGAL PERBATASAN DAN KEPULAUAN KECAMATAN PULAU PISANG KABUPATEN PESISIR BARAT 2022

Penulis

  • MUKHLISIN MUKHLISIN S2 KESMAS

Abstrak

PEMINATAN PROMOSI KESEHATAN
PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Tesis, 26 Januari 2023
Mukhlisin
Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pulau Pisang Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan Kecamatan Pulau Pisang Kabupaten
Pesisir Barat 2022
ABSTRAK
Pembangunan kesehatan yang dilaksanakan selama ini dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat belum dapat dinikmati secara merata oleh seluruh penduduk Indonesia yang tinggal di daerah terpencil, perbatasan dan pulau-pulau kecil. Puskesmas harus memiliki strategi untuk menunjang kualitas pelayanan kesehatan. Penyebab tidak maksimalnya pelayanan kesehatan di puskesmas pulau pisang, ketersediaan fasilitas sarana prasarana, pemenuhan SDM Kesehatan sesuai standar masih ditemukan gap, prosedur kerja belum sesuai standar operasional pelayanan (SOP).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pulau Pisang Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan Kecamatan Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat tahun 2022.
Penelitian menggunakan kualitatif Analitik dengan pendekatan studi kasus (Case Study). Variabel yang diteliti konsep strategi (visi misi, struktur organisasi), sumberdya pelayanan kesehatan, fasilitas sarana prasarana, standar operasional (SOP) pelayanan kesehatan.
Hasil analisis di dapat bahwa Strategi Puskesmas Pulau Pisang secara ekternal meliputi pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kualitas pengetahuan masyarakat dan secara internalnya meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas secara berkualitas dan terstruktur. Sumber daya pelayanan kesehatan belum memenuhi standar dibutuhkan Dokter Gigi, Dokter Umum, Apoteker, ahli gizi, epidemiolog dan penambahan tenaga perawat. Strategi yang dilakukan Puskesmas pengusulan tenaga Nusantara Sehat. Sarana prasarana dengan mengalokasikan anggaran Puskesmas dan berharap menjadi BLUD agar bisa melakukan inovasi, memangkas birokrasi sehingga bisa efektif dan efisien. Standar Operasional (SOP) pelayanan kesehatan belum memenuhi standar. Inovasi yang dilakukan fokus kepada lansia. Strategi dalam melaksanakan pelayanan rujukan, membuat MoU dengan pihak Desa dan pemilik Perahu/Jukung dalam membantu merujuk pasien.
Penulis memberikan saran, peningkatan pelayanan kesehatan harus dengan Standar Pelayanan (SOP), meningkatkan kerjasama dengan stack holder demi meningkatnya mutu pelayanan kesehatan.
Kata Kunci : Strategi, Peningkatan Kualitas Pelayanan, Puskesmas DTPK

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-24