the ANALISIS PENYEBAB LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG

ANALISIS PENYEBAB LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG

Penulis

  • FAHMI FATHUL S2 KESMAS

Abstrak

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Tesis, Agustus 2021
Fahmi Fathul Rahman
ANALISIS PENYEBAB LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN DI
POLIKLINIK PENYAKIT DALAM PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI
RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG
xix + 98 halaman + 12 tabel + 3 gambar + 7 lampiran
ABSTRAK
Era globalisasi yang menjadi indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah
sakit adalah kepuasan pasien. Munculnya rasa puas pada diri seorang pasien dapat
dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu karena sifat pelayanan yang diterima dapat
memberikan rasa puas, sikap petugas yang memberikan pelayanan kesehatan itu sendiri
serta bentuk komunikasi dan pelayanan yang diberikan. Tujuan Penelitian ini adalah
untuk menganalisis penyebab lama waktu tunggu pelayanan pasien di Poliklinik Penyakit
Dalam pada Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar
Lampung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Pengambilan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi
dan telaah dokumen. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala bidang pelayanan medis
rumah sakit, kepala bagian rekam medis rumah sakit, kepala intsalasi rawat jalan, 1
dokter spesialis penyakit dalam dan 2 orang pasien poliklinik penyakit dalam. Penelitian
ini dilakukan dengan dua jenis triangulasi yakni triangulasi metode dan triangulasi
sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa interaktif di
antara tiga komponen analisis, yaitu data reduction, data display dan data conclusion
drawing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan poliklinik
penyakit dalam adalah 130 menit. Dengan rata-rata waktu tunggu dibagian pelayanan
pendaftaran adalah 27 menit, 4 menit di bagian pemeriksaan tanda-tanda vital, dan 99
menit waktu menunggu dan mendapatkan pemeriksaan dari dokter spesialis penyakit
dalam. Penyebab lama waktu tunggu dibagian pendaftaran adalah belum adanya mesin
antrian pendaftaran dan ruang tunggu yang kurang besar. Penyebab lama waktu tunggu di
bagian pemeriksaan tanda vital yaitu pasien yang tidak ada ditempat ketika pasien
tersebut dipanggil untuk dilakukan pemeriksaan tanda-tanda vital. Penyebab lama waktu
tunggu di bagian pemeriksaan dokter spesialis penyakit dalam adalah masih adanya
keterlambatan dokter dan belum optimalnya pengelolaan sistem pendaftaran online.
Sehingga perlu dilakukan pertemuan dengan dokter dan mendiskusikan terkait
permasalahan yang terjadi tentang jadwal masuk dokter untuk melakukan pemeriksaan
pasien. Selain itu dapat lebih mengoptimalkan pengelolaan sistem pendaftaran online
dengan cara lebih sering mensosialisasikan lagi agar pasien rutin terutama, dapat
menggunakan fasilitas pendaftaran online.
Kata Kunci : Waktu tunggu pelayanan, rawat jalan, rumah sakit
Referensi : 21 (2010-2019)

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28