DETERMINAN FAKTOR KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS NON RAWAT INAP CANDRA MUKTI DAN PUSKESMAS RAWAT INAP MAMPU PONED DAYA MURNI TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2022

Penulis

  • Nisrina Fadhilaturrabani Kesmas

Abstrak

ABSTRAK
Anemia merupakan masalah kesehatan terbesar di dunia terutama bagi wanita yang sedang hamil karena dapat menimbulkan kelelahan, penurunan produktivitas kerja. Pengetahuan menjadi faktor yang merangsang terhindarnya ibu hamil dari anemia. Apabila ibu hamil mengetahui faktor-faktor penyebab anemia dan akibat dari anemia serta cara mencegahnya maka akan terhindar dari anemia kehamilan. Tujuan: determinan faktor kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja UPTD Puskesmas Non Rawat Inap Candra Mukti dan Puskesmas Rawat Inap Mampu Poned Daya Murni Tulang Bawang Barat tahun 2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan Cross-Sectional. Teknik untuk pengambilan jumlah sampel yaitu proportionate stratified random sampling, dan yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 171 orang. Analisa data menggunakan uji chi square dan analisa multivariat menggunakan regressi logistic ganda.
Didapatkan sebagian besar ibu yang mengalami anemia (59.1%). memiliki pengetahuan kurang (53.8%). memiliki sikap positif (52.6%). patuh mengkonsumsi tablet Fe (58.5%). mengkonsumsi minuman yang memiliki zat-zat penghambat absorbsi zat besi (teh, kopi, susu) ≤ 1 gelas (66.1%). mendapat dukungan keluarga yang baik (59.6%). mendapat dukungan petugas kesehatan yang baik (71.9%).Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kejadian anemia pada ibu hamil. ( p—value = 0,002), sikap ( p—value = 0,001), kepatuhan konsumsi Fe ( p—value = 0,000), Mengkonsumsi minuman yang memiliki zat-zat penghambat absorbsi zat besi (teh, kopi dan susu) ( p—value = 0,026), dukungan keluarga (p—value = 0,000. dukungan petugas kesehatan (p—value = 0,025). Dari analisa multivariat Kepatuhan konsumsi Fe merupakan faktor dominan terhadap kejadian anemia pada ibu hamil ( p—value = 0,002) .

Kata Kunci: : Tablet Fe, Anemia, Ibu hamil
Kepustakaan: 59 (2007-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28