T Efektivitas Media Penyuluhan Terhadap Persepsi Pasien Dalam Pengendalian Hipertensi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Rejosari Kabupaten Pringsewu Tahun 2022

Penulis

  • Elistya Mercha S Kesmas

Kata Kunci:

Efektivitas, Media Promosi Kesehatan, Persepsi, Hipertensi

Abstrak

PEMINATAN PROMOSI KESEHATAN
PROGRAM STUDI MAGISTER KESEHATAN MASYARAKAT

FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI


Tesis, 1 Februari 2023

Elistya Mercha S


Efektivitas Media Penyuluhan Terhadap Persepsi Pasien dalam Pengendalian Hipertensi pada Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Rejosari Kabupaten Pringsewu Tahun 2022


xvi + 77 halaman +2 gambar + 15 tabel + 9 lampiran


ABSTRAK
Hipertensi masih menjadi masalah kesehatan karena jumlah kasus yang terus meningkat. Hipertensi adalah penyakit yang dapat dikendalikan dengan modifikasi gaya hidup. Edukasi dan promosi kesehatan dalam bentuk penyuluhan dilakukan untuk memberikan kesadaran. Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas perbedaan media penyuluhan terhadap persepsi pasien hipertensi pada masa pandemi Covid-19.
pasien hipertensi usia 45 s.d 59 tahun di wilayah kerja Puskesmas Rejosari, sedangkan sampel diperoleh sebanyak 90 orang yang terdiri dari 30 orang kelompok intervensi video, 30 kelompok slide
dan 30 kelompok kontrol
.
Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok video diperoleh mean pre-
test=28,57 dan mean post-test=44,5. Pada kelompok slide diperoleh mean pre- test=27,93 dan mean post-test=40,3. Adapun pada kelompok kontrol diperoleh mean pre-test=25,93 dan mean post-test=26,03. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya perubahan yang bermakna dari persepsi pasien hipertensi kelompok media video (pv=0,000), slide (pv=0,000) dan kontrol (pv=0,000) sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa media video merupakan media paling efektif terhadap perubahan persepsi pasien hipertensi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol (pv=0,000 dan X=15,8). Disarankan Puskesmas untuk memanfaatkan media video atau slide sebagai penunjang dalam mengubah persepsi pasien terutama di masa pandemi Covid-19.
Kata Kunci : Efektivitas, Media Promosi Kesehatan, Persepsi, Hipertensi Kepustakaan : 42 (2015-2022)
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi
eksperimen. Tehnik pengumpulan data dilakukan kuesioner untuk mengukur
persepsi. Populasi penelitian ini adalah
. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk
memperoleh mean, median dan standar deviasi, analisis bivariat menggunakan uji
t dan multivariat dihitung dengan rumus Anova
xiv

HEALTH PROMOTION MAJOR
MAGISTER PROGRAM OF PUBLIC HEALTH FACULTY OF PUBLIC HEALTH MALAHAYATI UNIVERSITY


Thesis, 1 February 2021


Elistya Mercha S


The Effectiveness of Counseling Media on Patient Perceptions of Hypertension Controlling during Covid-19 Pandemic in Rejosari Health Center Pringsewu Regency 2022


xvi + 77 pages + 2 pictures + 15 tables + 9 attachments


ABSTRACT
Hypertension is still a health problem because the number of case continues to increase. Hypertension is a disease that can be controlled with lifestyle modifications. Health education and promotion in the form of counseling is carried out to raise awareness. This study aims to determine the effectiveness of different counseling media on the perceptions of hypertensive patients during the Covid-19 pandemic.
This research is quantitative, with quasi-experimental design. Data were collected by questionnaires to measure perceptions. The population were patients with hypertension aged 45 to 59 years in the working area of the Rejosari Health Center, while the sample was obtained as many as 90 people consisting of 30 people in the video intervention group, 30 slide groups and 30 control groups. Data analysis used univariate analysis to obtain the mean, median and standard deviation, bivariate analysis used the t and multivariate tests to determine the most effective extension media.
The results showed that in video group, the mean pre-test=28.57 and mean post-test=44.5. In slide group, the mean pre-test=27.93 and mean post-test=40.3. As for the control group, the mean pre-test=25.93 and mean post-test = 26.03. The results of bivariate analysis showed that there was a significant change in the perception of hypertensive patients in the video media group (pv=0.000), slides (pv=0.000) and control (pv=0.000) before and after being given treatment.
The results multivariate analysis showed that video media was the most effective medium for changing perceptions of patients with hypertension before and after given treatment compared to control group (pv = 0.000 and X = 15.8). It is recommended that the Puskesmas utilize video or slide media as a support in changing patient perceptions through counseling.
Keywords: Effectiveness, Health Promotion Media, Perceptions, Hypertension Literature : 42 (2015-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-18