the ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN LAMPUNG TAHUN 2021

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN LAMPUNG TAHUN 2021

Penulis

  • DIAN PURNAMA OKTERA DIAN PURNAMA OKTERA S2 KESMAS

Abstrak

ABSTRAK
Menurut Data Badan Pusat Statistik (2019) persentase lansia di Indonesia
juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat pada tahun 2010
jumlah penduduk lansia dari 18 juta jiwa (7,59%) menjadi 25,9 juta jiwa (9,78%)
pada tahun 2019, dan diperkirakan akan terus meningkat dimana pada tahun 2035
menjadi 48,2 juta jiwa (15,77%). Mengingat Indonesia memasuki era penduduk
usia tua, maka pelayanan Rumah Sakit harus memiliki pelayanan yang
memprioritaskan kebutuhan lansia, sehingga evaluasi terhadap pelayanan yang
diberikan sangat dibutuhkan. Evaluasi yang dapat dilakukan adalah dengan
pengukuran tingkat kepuasan pasien lansia terhadap pelayanan yang telah
diberikan.
Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan
pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang
berusia ≥ 60 tahun sebanyak 250 responden. Teknik pengambilan sampel
menganggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner.
Teknik analisa data menggunakan uji chi-square dan regresi logistik berganda.
Hasil analisis bivariat dengan derajat kepercayaan (CI) 95% didapatkan
ada hubungan antara jenis pekerjaan (p-value = 0,007), pendidikan (p-value =
0,001), ketepatan waktu pelayanan (p-value = 0,000), akurasi pelayanan (p-value
= 0,000), keramahan petugas (p-value = 0,000), kecepatan petugas loket
pendaftaran (p-value = 0,001), dan kenyamanan ruang tunggu (p-value = 0,000)
dengan kepuasan pasien lansia di poliklinik RSPBA. Dan tidak ada hubungan
antara jenis kelamin (p-value = 0,809), usia (p-value = 0,363), cara bayar (p-value
=0,793), dan ketersediaan toilet (p-value = 0,207) dengan kepuasan pasien lansia
di poliklinik RSPBA. Berdasarkan hasil uji regresi logistik berganda, variabel
yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien lansia adalah variabel
kecepatan petugas loket pendaftaran (OR = 11,08 ; 95% CI: 4,47 – 27,45).
Kata kunci : kepuasan pasien, kepuasan lansia
Kepustakaan : 72 (1998 – 2020)

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-10

Arsip

Bagian

Artikel