A Analisis Pengaruh Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Magerjek (Transportasi Ojek Online Liwa)
Kata Kunci:
Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, Physical Evidence, Kepuasan PelangganAbstrak
ABSTRAK
ARYA RAMA LINGGA R 19220009
ANALISIS PENGARUH PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PERSONEL, PROCESS, DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAGERJEK (TRANSPORTASI OJEK ONLINE LIWA)
Skripsi : Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, 2023
Kata Kunci : Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process,Physical
Evidence,Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan
Kemajuan teknologi transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam mendukung aktifitas atau mobilitas manusia dalam melakukan perjalanan atau perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain. Perusahaan penyedia jasa transportasi harus dipersiapkan dengan baik seperti penggunaan kendaraan yang aman, nyaman dan pastinya memudahkan dalam penggunanya.
perkembangan transportasi saat ini sangat dipengaruhi oleh sistem teknologi informasi dan telekomunikasi serta pemanfaatannya yang secara langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi kegiatan transportasi. Inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi dan tingginya penggunaan teknologi membutuhkan suatu kebijakan dan standarisasi untuk memaksimalkan fungsi teknologi informasi dalam bidang transportasi di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, dan Physical Evidence terhadap kepuasan pelanggan Magerjek (Transportasi Ojek Online Liwa). Adapun objek yang diteliti adalah pelanggan yang menggunakan aplikasi Magerjek di kota Liwa, Lampung Barat. Alat analisis yang digunakan adalah uji t, uji simultan dengan uji F dan dimana pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa secara parsial product, price, personel dan process berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Magerjek. Sementara itu place, promotion, dan physical evidence tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Magerjek. Uji-F menunjukkan bahwa Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, dan Physical Evidence bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Magerjek.
ARYA RAMA LINGGA R 19220009
Analysis Of The Influence Of Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Process, And Physical Evidence On Magerjek Customer Satisfaction (Liwa Online Ojek Transportation)
Thesis : Faculty of Economics and Management, 2023
Keywords : Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Process, Physical Evidence, Marketing Mix, Customer Satisfaction
Advances in transportation technology are a very important means of supporting human activity or mobility in traveling or moving from one place to another. Companies providing transportation services must be well prepared such as the use of vehicles that are safe, comfortable and certainly make it easy for users.
The current development of transportation is heavily influenced by information and telecommunications technology systems and their utilization which can directly and indirectly affect transportation activities. Innovation in the use of information technology and the high use of technology requires a policy and standardization to maximize the function of information technology in the transportation sector in Indonesia.
This study aims to determine the effect of Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Process, and Physical Evidence on Magerjek customer satisfaction (Liwa Online Ojek Transportation). The objects studied are customers who use the Magerjek application in the city of Liwa, West Lampung. The analysis tool used is the t test, simultaneous test with the F test and where data processing uses SPSS version 25.
The results of the t-test research show that partially product, price, personnel and process have a positive and significant effect on Magerjek customer satisfaction. Meanwhile place, promotion, and physical evidence have no positive effect on Magerjek customer satisfaction. The F-test shows that Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Process, and Physical Evidence together have a positive and significant effect on Magerjek customer satisfaction.