A, The pengaruh diferensiasi produk, inovasi produk, digital marketing dan orientasi pasar

terhadap keunggulan industri kopi di lampung barat

Penulis

  • mibtahul rohmah universitas malahayati

Kata Kunci:

diferensiasi produk, inovasi produk, digital marketing, orientasi pasar, keunggulan bersaing.

Abstrak

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang diunggulkan diIndonesia. Selain memiliki nilai ekspor yang tinggi, kopi juga popular di tengah masyarakat. BPS mencatat, produksi kopidi Indonesia mencapai 749.800 ton pada tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh diferensiasi produk, inovasi produk, digital marketing dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing industri kopi di Lampung Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dengan mengumpulkan data-data yang berasal dari kuesioner dan kemudian di olah dengan bantuan IBM Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) versi 25 yang berguna untuk menguji data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi produk (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Inovasi produk (X2) tidak memiliki pengaruh positif namun memiliki nilai signifikan terhadap keunggulan bersaing. Digital marketing (X3) tidak memiliki pengaruh positif namun memilki nilai signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi pasar (X4) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Diferensiasi produk (X1), inovasi produk (X2), digital marketing (X3) dan orientasi pasar (X4) secara simultan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.

Kata kunci: diferensiaasi produk, inovasi produk, digital marketing, orientasi pasar, keunggulan bersaing.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Arsip

Bagian

Artikel