A, The EKSPLORASI PENGARUH SOSIAL, INOVASI LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN HAMBATAN KOMUNIKASI
TERHADAP PERSEPSI MANFAAT E-WALLET DI KALANGAN UMKM APINDO LAMPUNG
Kata Kunci:
Pengaruh Sosial, Inovasi Layanan, Hambatan Komunikasi, Persepsi Manfaat, E-Wallet, UMKMAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial, inovasi layanan, kepercayaan dan hambatan komunikasi terhadap persepsi manfaat e-Wallet di Kalangan UMKM APINDO Lampung, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, menggunakan alat pengumpulan data kuesioner atau angket. Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26. Dengan populasi 42 pelaku usaha UMKM yang berada dibawah naungan APINDO Lampung. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini menggunakan metode non probability sampling denganĀ sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini adalah Pengaruh sosial berpengaruh secara parsial terhadap persepsi manfaat e-Wallet di kalangan UMKM APINDO Lampung, Inovasi layanan berpengaruh secara parsial terhadap persepsi manfaat e-Wallet di kalangan UMKM APINDO Lampung, Kepercayaan berpengaruh secara parsial terhadap persepsi manfaat e-Wallet di kalangan UMKM APINDO Lampung, Hambatan komunikasi berpengaruh secara parsial terhadap persepsi manfaat e-Wallet di kalangan UMKM APINDO Lampung. Pengaruh Sosial, Inovasi layanan, Kepercayaan, dan Hambatan Komunikasi berpengaruh secara simultan terhadap persepsi manfaat e-Wallet di kalangan UMKM APINDO Lampung dengan memiliki persentase sebesar 62,4 %.