A PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TOKOPEDIA (BRAND AMBASSADOR, GRATIS “ONGKIR”, FLASH SALE DAN TREND FOMO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MALAHAYATI
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TOKOPEDIA (BRAND AMBASSADOR, GRATIS “ONGKIR”, FLASH SALE DAN TREND FOMO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MALAHAYATI
Kata Kunci:
Brand Ambassador, Gratis Ongkir, Flash Sale, Trend FoMO, Keputusan PembelianAbstrak
ABSTRAK
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TOKOPEDIA (BRAND
AMBASSADOR, GRATIS “ONGKIR”, FLASH SALE DAN TREND FOMO)
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA PROGRAM
STUDI KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MALAHAYATI
Oleh
Nita Rahmawati
Kemajuan teknologi terus mengalami perkembangan sehingga terjadinya persaingan dalam
e-commerce, seperti yang dapat dilihat dengan munculnya banyak situs-situs penyedia
belanja secara online. Tokopedia menawarkan menawarkan berbagai kelebihan diantaranya
dengan menampilkan Brand Ambassador sebagai duta merek, produk, harga, promosi,
gratis ongkos kirim (Ongkir) dan lain-lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian
ini yaitu Mahasiswa S-1 Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati
Bandar Lampung tahun angkatan 2022-2023 dan kuesioner yang dapat di analisis
sebanyak 178. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan rumus slovin dan penggunaan
porposive sampling. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), serta
studi kepustakaan (buku, jurnal, Web dan lainnya). Kesimpulan dalam penelitian ini
variabel Brand Ambassador (X1), Gratis “Ongkir” (X2), Flash Sale (X3), Trend FoMO (X4)
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel
yang memiliki pengaruh paling besar dalam keputusan pembelian pada E-Commerce
Tokopedia yaitu FoMO (Fear of Missing Out).
Kata Kunci: Brand Ambassador, Gratis “Ongkir”, Flash Sale, Trend FoMO, Keputusan
Pembelian