Aurelia Vany ShakiraSuhatman Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Album Musik Kpop Di Bandar Lampung
Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Album Musik Kpop Di Bandar Lampung
Abstrak
ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALBUM
MUSIK KPOP DI BANDAR LAMPUNG
Oleh :
Aurelia Vany Shakira Suhatman
Perkembangan industri hiburan dari negara gingseng Korea Selatan saat ini sangat banyak digandrungi oleh banyak masyarakat lokal maupun mancanegara. Hal ini sering kali disebut dengan Hallyu/Korean Wave. Salah satu antusiasme yang sangat diperhatikan dari Korean Wave ini terletak pada K-Pop atau Korean Pop yang merupakan jenis musik populer dari negara Gingseng. Keberhasilan K-Pop ini semakin tersebar ke ke seluruh negara dan melekat pada setiap lapisan masyarakat sehingga dapat dengan cepat menjadi trend yang sangat disukai banyak masyarakat dunia. Salah satu boy group korea yang saat ini sedang meraih popularitas adalah grup yang berada dibawah naungan Pledis Entertaiment yaitu Seventeen. Prestasi serta popularitas yang terus meningkat setiap tahunnya membuat Seventeen memiliki jumlah penggemar yang selalu bertambah dari waktu ke waktunya. Nama fandom resmi Seventeen yaitu Carat. Para penggemar yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri tidak akan ragu-ragu untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mendukung idolanya dengan cara membayar untuk menonton konser atau sekedar membeli merchandise salah satunya adalah album.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kualitas produk, promosi dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini akan menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kuisioner untuk mengumpulkan data lalu di olah menggunakan alat bantu statistic SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara kualitas produk, promosi dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian album musik K-Pop yang dilakukan oleh Carat di Bandar Lampung.
Kata kunci :kualitas produk, promosi , persepsi harga, keputusan pembelian.