Pengaruh Inovasi Produk, Loyalitas Merek, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone Di kalangan Mahasiswa Universitas Malahayati Program Studi Psikologi
Inovasi produk, loyalitas merek, dan Gaya Hidup
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana hubungan antara Inovasi Produk,
Loyalitas merek, dan Gaya Hidup dapat mempengaruhi terhadap Keputusan
Pembelian Produk Iphone di kalangan mahasiswa Universitas Malahayati Program
Studi Psikologi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan alat analisi
SmartPLS. Produk Iphone menjadi pilihan bagi banyak konsumen di Indonesia
karena kapasitas dan fungsionalitasnya yang tinggi. Penelitian ini menggunakan
metode survei dengan kuesioner yang dibagikan kepada responden yang
menggunakan Iphone dan mahasiswa Psikologi pada angakatan 2023. Variabel
independen dalam penelitian ini adalah Inovasi Produk, Loyalitas Merek, dan Gaya
Hidup, kemudian variabel dependen penelitian ini adalah keputusan pembelian
Produk Iphone.
Hasil pengujian menyatakan bahwa Inovasi Produk Iphone tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian di kalangan Mahasiswa Universitas
Malahayati Program Studi Psikologi. Namun pada Tingkat Loyalitas Merek memiliki
pengaruh signifikan produk Iphone di kalangan mahasiswa Program Studi Psikologi
,dan Gaya Hidup memiliki pengaruh signifikan produk Iphone di kalangan
mahasiswa Program Studi Psikologi. Akan tetapi Inovasi Produk, Loyalitas merek,
dan Gaya Hidup dapat mempengaruhi secara simultan terhadap Keputusan Pembelian
Produk Iphone di kalangan mahasiswa Universitas Malahayati Program Studi
Psikologi. Penelitian ini menujukan bahwa mahasiswa agar melakukan keputusan
pembelian melihat dari inovasi terhadap produk tersebut karena keunggulan –
keunggulan yang terjadi dalam suatu pengeluaran produk terbaru dapat memberikan
fitur fitur yang memuaskan dan sesuai dengan trend yang terjadi pada mahasiswa.