A, The PENGARUH PENDAMPINGAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA METRO
TERHADAP STRATEGI PEMASARAN BAGI UMKM DI KOTA METRO PROVINSI LAMPUNG
Kata Kunci:
Pendampingan, Kebijakan Pemerintah, Strategi Pemasaran, UMKMAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan dan kebijakan pemerintah Kota Metro terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, menggunakan alat pengumpulan data kuesioner atau angket. Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25. Dengan populasi 100 UMKM Kota Metro. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendamping secara parsial terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung, dan terdapat pengaruh kebijakan pemerintah Kota Metro secara parsial terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung. Terdapat pengaruh antara pendampingan dan kebijakan pemerintah Kota Metro secara simultan terhadap Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Kota Metro Provinsi Lampung dengan memiliki persentase sebesar 61,5% dan sisanya 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel lain yang tidak diteliti.